ENTOMOLOGI KEDOKTERAN


zainur - Posted on 09 November 2009

Author: 
Dantje T. Sembel
Year: 
2009
Language: 
Indonesia
SKU: Buku
ISBN: 
978-979-29-0744
Pages: 
228pages
Price: Rp. 39,000

 Peran artropoda terutama serangga terhadap kesehatan manusia telah dikenal sejak zaman purba. Serangga seperti nyamuk dan lalat diketahui secara langsung ataupun tidak langsung dapat menyerang dan mematikan manusia.

Sejak ditemukannya mikroskop sebagai alat pembesar pada abad ke-16, para ahli ilmu kedokteran berpendapat bahwa serangga dapat menjadi penular atau vektor penyakit pada manusia. Selanjutnya pada abad ke-19 sejumlah ahli mulai memastikan bahwa nyamuk, lalat, kutu, dan pinjal dapat menularkan berbagai jenis penyakit pada manusia maupun hewan.

Secara langsung, serangga dapat menyebabkan alergi, dermatitis, envenomisasi, miasis, ataupun skabies. Serangga juga dapat menularkan sejumlah penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, demam kuning, chikungunya, ensefalitis, tifus, filariasis, penyakit tidur, antraks, tularemia, leismaniasis, dan lain-lain. 

Identifikasi serangga sebagai penyebab (agen langsung) ataupun sebagai penular penyakit (agen tidak langsung) menjadi bagian yang penting dalam kedokteran. Pengenalan terhadap jenis penyakit, patogen (bakteri, virus, riketsia, cacing filaria), gejala-gejala penyakit, maupun penyebarannya perlu dipahami dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan pengobatan penyakit bagi kesejahteraan manusia.

Isi buku:

  • Perkembangan entomologi (ilmu tentang seluk-beluk serangga)
  • Sejarah entomologi kedokteran
  • Pengklasifikasian serangga kedokteran
  • Jenis-jenis serangga sebagai penyebab penyakit
  • Jenis-jenis serangga sebagai penular penyakit

Shopping cart

There are no products in your shopping cart.

0 Items Rp. 0

Search